Monday, 6 October 2008

Nobody Knows




Nobody knows adalah sebuah film Jepang yang diproduksi tahun 2004 dan diilhami oleh sebuah kejadian nyata pada tahun 1988 tentang perjuangan 4 orang kakak beradik yang ditinggalkan oleh ibunya sehingga mereka harus berjuang hidup sendiri.

Sebenarnya ide semacam ini sudah ga orisinil lagi, emosi yang disampaikan pun ga berlebihan dan terkesan wajar, gak ada adegan tangis-tangisan. Tapi, ide sederhana ini bisa disampaikan sutradara Hirokazu dengan apik.

Bagaimana tak seorang dewasa pun menyadari keterlantaran
anak-anak yang tinggal satu atap dengan mereka, seorang ibu yang tidak bertanggung jawab, dan ketegaran seorang anak berusia 12 tahun yang memiliki rasa tanggung jawab besar terhadap adik-adiknya, padahal dia sendiri pun mengalami dilema untuk bermain dengan teman sebaya sewajarnya anak usia ABG.

Karakter Akira, anak tertua berusia 12 tahun itu diperankan oleh Yagira Yuuya (kyaaaaa.....!!!) Begitu film selesai, aku langsung browsing tentang anak yang aktingnya keren banget ini, jatuh cinta deh!

Ternyata, berkat aktingnya yang mempesona di film Nobody Knows ini, di usia 14 tahun dia berhasil menyabet penghargaan "Best Actor" pada Festival Film Cannes 2004, gileee.....



Sekarang si Yuuya udah lumayan gede, sekitar 18 tahunan. Aku jadi penasaran sama filmnya dengan Erika Sawajiri di "Sugar and Spice" (Fuumi Zekka), di situ Yuuya memerankan seorang cowok, Shiro, yang berusia 17 tahun dan baru pertama kali merasakan bittersweet first love pada seorang cewek yang beberapa tahun lebih tua darinya.




Sayang banget, kata si Allan, film ini udah lumayan lama dan mungkin susah nyari DVD nya. Moga-moga aja aku bisa dapet pinjeman :)


2 comments:

Alanois de Javu said...

wakakak.. ak tmbh ga tau yg nobody knows.. sugar & spice pun aku sudah lupa ceritanya kyk gimana.. kan aku beli krn sawajirinya, bkn erikanya.. wakakakak.. oh ya inget, ttg seorang petugas pom bensin yg jatuh hati ama sawajiri yg akhirnya jg jd petugas di sana.. yo nti tak pinjemke lek erc wisuda, bien w ada, krn ak lom ntn y ga tak pinjemke..qiqiqi

maria uun said...

Yagira Yuuya sekarang kan gk begitu tenar, gara2 kena kasus Stress ato obat2an... agak lupa... :D

tapi bener deh Nobody Knows ini, endingnya bikin air mata terkuras, apa lagi sewaktu dia harus kubur adiknya yang paling kecil di dekat bandara... :cry: