Tuesday, 2 July 2013

Ternyata Karena Sinusitis

Apalagi ini ??
Habis vertigo, terus sinusitis ???

Yah, jadi begini ceritanya...

Waktu di MRI Scan, hasil menunjukkan ada kista retensi di sinus maksilaris kanan. Waktu itu dokter sarafnya menganggap enteng penemuan tersebut.
Waktu saya keluar dari rumah sakit dan masih komplain kepala dan mata saya sakit, dia malah kasi obat tetes mata seabrek-abrek.
Dia bilang kista retensi itu sama kayak ingus, tinggal di"Sroottt" juga ilang.

Tapi saya yang masih penasaran, akhirnya memutuskan ke RS lain dan check-up di dokter specialis mata kemudian dilanjutkan ke dokter specialis THT. Kenapa saya memutuskan untuk check ke dokter THT adalah karena setelah browsing mengenai sinus maksilaris, saya dapatkan gejala yang sama persis dengan yang saya alami :
- kepala pusing, berputar
- pandangan mata kabur, terutama di pagi hari
- kepala sekitar mata dan tengkuk sakit
- sering sesak napas, apalagi kalau beraktifitas dengan cepat dan tidur di malam hari
- sering mengeluarkan dahak, walaupun tidak sedang batuk

Setelah konsultasi dengan dokter mata, ternyata mata saya baik-baik saja. Tidak ada penambahan minus, plus maupun silinder seperti yang saya duga sebelumnya. Malah si dokter tersebut memberikan resep kacamata yang ukurannya lebih kecil dari ukuran kacamata saya sebelumnya.

Habis dari dokter mata, saya lalu ke dokter THT, dan saya tunjukkan hasil MRI Scan. Saya dikasi antibiotik untuk menangani sinusitis saya yang katanya disebabkan oleh alergi, cuman dia gak jelasin lebih detail alergi karena apa.
Dia juga bilang, lingkaran hitam di mata saya, akibat alergi dari sinusistis itu. Karena salurannya tersumbat, ada yang mengendap di bawah mata sehingga membuat kantung mata saya HITAM, dan bola mata saya sakit.

Well, setelah saya minum antibiotik itu, Puji Tuhan rasa ngos-ngosan berlebihan yang saya rasakan tiap pagi kalau jalan ke kantor jadi berkurang, bahkan lama-kelamaan jadi nggak ngos-ngosan lagi.

Ada yang menarik waktu saya periksa ke dokter mata. Waktu dia melihat history saya yang pernah echocardiography (periksa jantung), dia komentar bahwa saya yang masih muda sudah penyakitan macam-macam, bagaimana kalau sudah tua nanti ?? Jika sudah tua nanti, orang yang tidak pernah olah raga dan bergaya hidup sehat ada kecenderungan memiliki penyakit yang dibentuk oleh tubuh sendiri - istilah kedokterannya saya lupa.

Hiii...serem nggak sih dengernya ?

Setelah pulang dari kedua dokter tersebut, saya bertekad akan rajin olah raga. Setidaknya setiap malam melakukan stretching supaya berkeringat minimal 15 menit. Untuk lebih lanjutnya, mungkin saya akan daftar menjadi salah satu member gym atau kelas yoga.

2 comments:

r-auLia said...

ayo buyyik yang sehat!
minggu lari yok di monas hihihihi :)

uth said...

Halo mbak.. Lagi googling tentang kista resisten maksilaris aku nemu blog kamu.
Aku abis MRI juga dan ternyata hasilnya sama. Boleh tau gak skrg kondisi kamu gimana, mbak?
Aku sering pusing di kepala sebelah kanan dan mata kanan juga selalu merah. Terus hasil MRI aku konsultasikan ke dokter THT. Kata dokter THT pun aku alergi tapi gak tau alergi apa. Dikasih obat alergi sama pereda nyeri plus semprotan di hidung.
Mohon sharingnya ya, mbak. Thanks. :)