Friday, 21 November 2008

Soekarno-Hatta VS Juanda


Erika : Cay...cay....pose donk !!
Eric : kampungan banget sih, di Juanda aja jepret2
Erika : Lho, kita harus membiasakan budaya mendokumentasi
Eric : malu diliat orang !
Erika : >____<

Tanggal 13-18 November 2008 kemarin, aku berkesempatan menghadiri Graduation Day-nya Eric di Grand Ballroom Laguna Surabaya. Hehehe...asiknya bisa mengunjungi kota kenangan meski harus bolos beberapa mata kuliah. Ternyata Surabaya tidak berubah (ya iyalaaaah....baru juga ditinggal 6 bulan, mau berubah gimana coba ??), sayangnya waktu yang ada terbatas sehingga aku ga bisa mengunjungi setiap rumah makan yang bikin kangen, ditambah kendala transport yang ga tersedia. Alhasil, beberapa hari itu cuma sempet makan tahu tek, mie ujung pandang, and seafood di daerah Ubaya, yang belum kesampaian ada Hachi-Hachi, mie hijau Ngagel, sama LONTONG KUPANG.... yeaahh....I miss the last one a lot, hahahaha...

Hal menarik lainnya, meskipun beberapa kali ke bandara Juanda, tapi sebelumnya aku ga pernah memerhatikan kelebihan bandara ini. Apa coba ?? YUP ! Bila dibandingkan dengan bandara Soekarno-Hatta !

Bisa dibilang, seumur hidup ini aku baru 3x pulang pergi ke Jakarta, dan semuanya ditempuh dengan trasnportasi darat (
baca: bus, kereta, mobil). Di Soekarno-Hatta, aku bener-bener kecewa dengan Bandara yang katanya Internasional ini. Aku pikir bakal melihat bandara besar yang megah dan kinclong, jauh lebih baik dari Juanda di Surabaya yang menurutku sebelumnya biasa2 saja. Gak taunya, bandara kumuh, gelap, suram....maunya sih dibuat berkesan etnik, tapi sepertinya eksterior yang diterapkan ga berhasil. Bandara ini malah terkesan seperti terminal.


Interior Soekarno-Hatta yang biasa2 aja



Kumuh seperti terminal

Sebaliknya, di Bandara Juanda, meski ga sebesar Soekarno-Hatta, namun eksteriornya lebih keren, lebih modern namun tidak meninggalkan kesan etnik. Bandara ini juga jauh lebih bersih dan rapi daripada Soekarno-Hatta.



Ada eskalator buat yang males jalan



Eksterior Juanda yang kelihatan lebih kinclong



Interior yang masih bernapaskan etnik namun elegan

Padahal Bandara boleh dibilang merupakan perwajahan awal dari suatu negara, yaah...kalau bandara nya kumuh.....negaranya tentu ga beda jauh lah....(
meski berat mengatakannya, but that's the fact !)

Gimana pariwisata kita bisa maju coba ? Kalau turis yang baru datang di awal aja sudah kehilangan mood gara-gara "
Bandara Internasional" ini !


Well, Jakarta boleh jadi kota terbesar dan termegah di Indonesia, namun dalam soal Bandara ini,
saya rasa Surabaya lebih memberi muka pada Indonesia.


Kapan ya Indonesia punya bandara semegah Los Angeles ??
Apa kata dunia ??!


Info tambahan :
(edited on Nov 25th 2008)

Bandar Udara Juanda Surabaya mendapat penghargaan Service Quality Award 2008 dalam hal pelayanannya. Untuk kategori International Airport Service di kawasan Asia Tenggara, Bandara Juanda berada di peringkat ketiga setelah Changi Airport Singapore dan Kuala Lumpur International Airport.

Sekretaris Perusahaan Angkasa Pura I Kuntadi Budianto dalam rilisnya menjelaskan, penghargaan itu berdasarkan penilaian oleh Majalah Marketing yang bekerja sama dengan Customer Centric Organization (CARRE).

Untuk kategori Domestic Airport Service, dia menambahkan, Bandara Juanda di peringkat pertama kemudian berikutnya Bandara Ngurah Rai Bali dan Bandara Hasanudin Makasar.

(Sumber : Tempo Interaktif & RCTI Media 22 Juli @2008)

5 comments:

Irvan Prayogo said...

aaaaaaaaaa ..
pengen makan tahu tek sama lontong kupang jugaaaaaaa

Alanois de Javu said...

baru tahu ya kalo Juanda tuh bandara paling apik nde indonesia. soalnnya iki bandara plg anyar, baru dibikin. juanda seng lawas kan elek..jgn2 kmu g ngerti juanda seng lama?? qiqiqi. tp juanda iki bikine sek ngutang pemerintah jepang lho..wakaka.

salah satu perbedaan ngenes..nde soekarno hatta, tempat check in nya pake kertas buat informasi maskapai..Juanda pake monitor LCD semua..wakakakaka.

**Erika said...

ho-oh....
dulu aku pas naik travel nganter org di Juanda tak kirain bandara baru (lho, Sby punya 2 bandara ?? pikirku bloon)
gatau ne Juanda yang sudah dipermak, wakaka....

Alanois de Javu said...

Lho gada yang di permak..juanda iki bener2 baru, bikin dari nol, lokasinya baru, hny bbrp kilo dr juanda yang lama. juanda lama tetep ada, tapi dipake ama TNI Angkatan udara. begitu. jd memang sby sbenere punya 2 juanda. wah kmu g jd bloon deh. wakakaka.

aristu said...

wew blom tau ajj sih,...
soekarno hatta is number 1.....
hahhahh
interiornya lebih apik coba dunk ke terminal 2.
di SHIA ada 3 terminal cuy. rencana nambah satu lg, liat ajj grand disain terbaru.
pokoke berani di adu..........!!!