Friday 2 November 2012

Culinary Journey to Kudus

Bulan Oktober nan ceria yang telah saya nobatkan sebagai "Bulan Bokek of The Year" akhirnya berlalu sudah.
Di penghujung bulan, seperti yang pernah saya singgung pada post  Oktober Ceria, saya harus mudik ke kudus untuk mengurus beberapa hal terkait dengan administrasi perubahan domisili. Akhirnya, saya resmi didepak dari Kudus, tapi belum resmi menjadi warga kota Malang, anggap saya Gipsy yang rumahnya gak jelas - di kolong langit, di atas ibu pertiwi.

Selama di kudus, hampir semua rencana kuliner terwujud, kecuali soto kerbau karso-karsi. Hix...tapi kegagalan makan soto kerbau ini malah digantikan oleh kombo pindang ayam & soto kudus, saya makan semuanya !!!
 
LENTOG
Lentog
Dont judge the book by its cover ! Mungkin penampilan lentog kurang menimbulkan selera layaknya menu hotel bintang 5, tapi jangan tertipu dengan tampangnya yang terkesan amburadul. Lentog merupakan kombinasi dari lontong, lodeh tahu, dan sayur gori (nangka muda). Menurut saya, yang paling mempengaruhi enak tidaknya seporsi lentog adalah kombinasi rasa lodeh tahu dan lontongnya. Lebih mantap lagi jika di tiap suapnya, kita juga menyertakan cabe rawit rebus biar pedassss......






MIE AYAM BANDUNG & ES TELER
Mie Bandung & Es Teler
Wahhh...kalo ini sebenarnya menu favorit keluarga saya. Tapi ternyata setelah saya pesan semangkok, entah kenapa rasanya gak seenak dulu lagi. Mungkin karena selama berkelana, saya banyak merasakan berbagai cita rasa mie dari yang lebih tidak enak sampai yang lebih enak sehingga saya merasa rasa mie ini, walopun ngangenin, ternyata so-so saja.
Tapi yang tetap enak adalahhh.....Es Teler-nya. Entah karena cuaca lagi super panas dan saya kehausan, pokoknya rasa enak, jauh lebih enak dari Es Teler 77.




NASI & LONTONG TAHU TELOR GIMBAL
Tahu Telor
Ini diaaaa....primadona Kudus, yang setau saya belum ada restoran di Jakarta yang bikin menu tahu telor kayak gini. Bu Kris ? NO ! Depot Surabaya ? NO ! Soto Jatmi ? NO !
Entah kalo restoran PENDOPO 21 yang rumornya beli resep langsung dari kota Kudus, apakah rasanya bisa sama seperti yang ada di Kudus atau nggak.
Tahu telor dengan bumbu kecap dan kacang tumbuk, dimakan dengan lontong atau nasi, ditambah gimbal. Gimbal dikenal juga sebagai peyek udang. Tapi karena saya ga terlalu suka peyek, jadi saya ga makan sama itu.

PINDANG AYAM & SOTO KUDUS
Pindang Ayam
Jangan kaget kalo kuah dari 2 masakan ini manisssss....khas lidah orang Jawa Tengah. Jadi buat orang yang sukanya asin, biasanya dari Jawa Timur, kurang suka sama menu ini. Secara visual, pindang ayam memiliki kuah yang lebih keruh kecoklatan dan rasanya lebih manis. Biasa dihidangkan di atas piring berlapis daun pisang.
Aneka Lauk Yang disajikan, murahhhhh.....

Sedangkan soto kudus, kuahnya lebih bening kekuningan, dan disajikan dalam mangkuk kecil ala China. Keduanya pas bila dimakan bersama krupuk paru alias kulit sapi.
The Famous Soto Kudus

Waktu adik saya makan pindang ayam, saya yang semula berencana makan soto kudus jadi ganti haluan pesan pindang ayam. Lalu setelah saya menghabiskan sepiring pindang ayam, saya melihat papi saya makan soto kudus yang membuat saya pengen. Akhirnya saya pesan setengah porsi soto ayam juga karena lapar mata. Namun setelah beberapa sendok makan, saya gak kuat perut udah buncit dan menyerah gak habis...huaaaaa.....dasar kemaruk !!!

Demikian wisata kuliner di kota Kudus ini berakhir. Lain waktu akan disambung lagi dengan wisata kuliner ke Bandung di bulan November, dan kuliner ke Surabaya-Malang di bulan Desember. Yippiiieee......

Btw, apakah Oktober cocok dinobatkan sebagai bulan bokek of the year kalo di bulan November dan Desember ada kemungkinan lebih bokek lagi ?????!!

Hanya Tuhan yang tau.

0 comments: